Keteladanan Nabi Muhammad SAW Role Model Dunia Pendidikan

Kamis, 03 Oktober 2024 / 22.21

Pj Bupati Deli Serdang Ir Wiriya Alrahman menghadiri kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. (ft-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momen istimewa bagi umat Muslim untuk mengenang dan merayakan kelahiran suri teladan bagi seluruh umat manusia.

Sebab, Rasulullah SAW tidak hanya seorang nabi, tetapi juga pemimpin, pendidik, dan panutan yang telah memberikan banyak ajaran dan hikmah dalam kehidupan. 

"Melalui akhlak dan budi pekerti beliau, kita diajarkan untuk saling menghormati, mencintai, dan membantu sesama. Semangat kasih sayang dan persatuan yang ditunjukkan Nabi Muhammad SAW harus termanifestasi dalam kehidupan kita sehari-hari," ucap Pj Bupati.

Pj Bupati mengapresiasi peran penting Dinas Pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai agama kepada generasi muda, terlebih di era globalisasi saat ini. Era yang menjadi tantangan bagi semua pihak, khususnya para tenaga pendidik dalam mendidik generasi muda yang tangguh dan berakhlak mulia. 

"Peringatan ini janganlah hanya dianggap sebagai acara seremonial, akan tetapi juga harus memotivasi kita untuk terus belajar dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Beliau adalah tokoh yang patut menjadi suri teladan dan keteladanan beliau bisa menjadi role model dalam aspek dunia pendidikan," ungkap Pj Bupati. 

Pj Bupati mengajak, peringatan maulid tersebut untuk dijadikan sebagai momentum dalam meningkatkan kualitas pendidikan, mempererat tali persaudaraan, dan mengajak generasi muda untuk meneladani sifat-sifat mulia Rasulullah.

"Semoga apa yang kita lakukan dapat mempertebal keimanan kita kepada Allah SWT, serta menambah wawasan agama bagi kita semua," harap Pj Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang, Yudy Hilmawan SE MM dalam laporannya mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut dihadiri para kepala sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pendidikan se-Kabupaten Deli Serdang dan para Aparatur Sipil Negara (ASN)/Non ASN Dinas Pendidikan Deli Serdang. 

Rangkaian acara yang diselenggarakan, yakni pemberian santunan kepada 20 anak yatim dan tausyiah oleh Ustaz Abu Hasan Al Asy’ari MS SPdI MPd.

Hadir pula di kegiatan itu, Kepala Badan Statistik (BPS) Deli Serdang, Herman SE MSi; Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Khoirun Rijal ST MAP; Inspektur, H Edwin Nasution SE dan para pejabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang; Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, KH Amir Panatagama SPdI; Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang, H Surya Putra dan lainnya. (lbs)

Komentar Anda

Terkini