SMAN 12 Medan Tuan Rumah Pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 di Medan Helvetia

Minggu, 18 Agustus 2024 / 18.33

Foto bersama kepala sekolah dan guru beserta siswa SMA Negeri 12 Medan usai pelaksanaan Upacara HUT RI ke 79, Sabtu (17/8/2024). (ft-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Semangat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia semakin membara melalui kerja sama yang kompak antara Kepala sekolah, guru dan siswa/i SMA Negeri 12 Medan, Sabtu (17/8/2024).

Upacara bendera yang dilaksanakan di Lapangan sekolah SMAN 12 Medan menjadi momen bersejarah yang dihadiri oleh peserta dari seluruh siswa-siswi, guru dan pegawai SMAN 12 Medan.

Meskipun cuaca gerimis namun semangat kemerdekaan dan rasa kebersamaan tak tergoyahkan. Pada upacara tersebut, Camat Medan Helvetia tampil sebagai inspektur upacara. Pengibaran bendera merah putih oleh pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) siswa/i SMAN 12 Medan, pembacaan teks Proklamasi, teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 pun dilakukan dengan khidmat, menunjukkan penghormatan dan penghargaan terhadap nilai-nilai dasar bangsa Indonesia. 

Dikesempatan itu, Camat Medan Helvetia Putera Ramadhan.S.STP  membacakan pidato Walikota Medan dengan tema  "Nusantara Baru Indonesia Maju". Kemerdekaan bukan hanya bebas dari penjajahan tapi juga bebas dari kebodohan, kemiskinan dan ketidakadilan. Kita harus bisa mengatasi ketimpangan sosial yang masih ada ditengah-tengah masyarakat. Sebagai masyarakat Kota Medan memiliki tanggungjawab berperan aktif dalam pencapaian visi nasional. Medan sebagai kota terbesar di Sumatera menjadi bagian penting dalam mewujudkan Nusantara Baru. Sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan sangat menentukan arah depan bangsa. Melalui 5 program Pemko Medan yaitu kesehatan, infrastruktur, penanganan banjir, kebersihan, pemberdayaan kawasan heritage dan UMKM.

Camat berharap HUT RI ke-79 ini memanjadi momentum evaluasi apa yang telah dicapai.

Siswa-siswi SMAN 12 Medan tampil disiplin dan penuh semangat, meskipun cuaca sedikit gerimis. Barisan upacara yang terbentuk dengan rapi menjadi bukti nyata kedisiplinan dan dedikasi mereka dalam memperingati kemerdekaan. Jajaran Kelurahan Helvetia Tengah pun turut berpartisipasi aktif dalam rangkaian acara ini, menunjukkan komitmen mereka terhadap nilai-nilai kebangsaan.

Kepala SMAN 12 Medan, Theresia Sinaga merasa bangga. Hal itu diungkapkannya usai pelaksanaan upacara. Kebanggaannya, karena di HUT Kemerdekaan RI ke- 79  tahun ini sekolah yang dia pimpin terpilih menjadi tempat pelaksanaan upacara di Kecamatan Medan Helvetia. 

Dikatakannya, HUT RI ke-79  yg bertema Nusantara Baru Indonesia Maju mengartikan bahwa kita bukan hanya merdeka dari penjajahaan tetapi kita harus merdeka dari kebodohan. Secara keseluruhan, "Nusantara Baru, Indonesia Maju" adalah gagasan untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, dengan fokus pada kemajuan pendidikan, ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan, sambil tetap mempertahankan identitas budaya dan kearifan lokal.

Dengan fokus pada pendidikan yang bebas dari kebodohan, "Nusantara Baru, Indonesia Maju" bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, berpengetahuan luas, dan siap berkontribusi pada kemajuan bangsa. Ini adalah langkah strategis untuk membangun masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing di kancah global, tegasnya.

Upacara HUT RI Ke 79 dipimpin langsung oleh Camat Medan Helvetia Putera Ramadan S.STL,  dan dihadiri Kapolsek Medan Helvetia  Kompol Alaxander Putra dan 7 Kelurahan. terdiri dari  Kelurahan Cinta Damai, Dwikora, Helvetia, Sei Sikambing C II, Helvetia Timur, Helvetia Tengah dan Tanjung Gusta. Serta unsur ASN di lingkungan Kecamatan Medan Helvetia dan Kelurahan, TNI dan Polri. Di akhir acara penyerahan secara simbolis paket bingkisan kepada 10 orang perwakilan Legiun Veteran Kemerdekaan RI dan foto bersama. (ver)

Komentar Anda

Terkini