Menjadi Sekolah Pusat Keunggulan, SMKN 10 Medan Butuh Bantuan Komputer

Selasa, 13 Agustus 2024 / 11.02

Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Medan Julpiner Simanungkalit S.Pd MM.(ft/ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 10 Medan kekurangan fasilitas komputer.

Sekolah yang memiliki 4 jurusan ini membutuhkan banyak komputer untuk siswa di jurusan multimedia.

"Sekolah kami saat ini membutuhkan bantuan komputer sebanyak-banyaknya, karena jurusan multimedia masih kurang komputernya. Tapi untuk jurusan lainnya tidak begitu membutuhkan bantuan lagi karena sudah lebih dari cukup," kata Kepala SMK Negeri 10 Medan Julpiner Simanungkalit S.Pd MM saat disambangi wartawan di ruang kerjanya, Senin (12/8/2024)

Dia menyebutkan, sekolah yang baru dipimpinnya 2 tahun ini memiliki 4 jurusan. Yakni jurusan multimedia, kuliner, kecantikan, desain dan produk busana. Namun hanya jurusan multimedia yang membutuhkan komputer, sementara 3 lainnya tidak.

"Jurusan yang paling diminati adalah jurusan kuliner dan kecantikan. Terdiri dari 9 rombel dibagi 4 jurusan untuk kelas X dengan total 32 rombel untuk semua kelas dan total murid sebanyak 1.050 siswa,"jelasnya.

Tidak tanggung-tanggung, Julpiner mengatakan fasilitas dapur yang dimiliki jurusan kuliner sudah setara dengan dapur yang ada di hotel. Bahkan saat ini jurusan kuliner sudah membuka cafe yang terbuka untuk umum. Di mana cafe tersebut dibuka bertujuan untuk menjadi tempat siswa belajar bagaimana membuka peluang usaha bukan melulu untuk mencari keuntungan.

Dan saat ini sedang menjajaki predikat halal MUI untuk setiap produk yang diproduksi di cafe SMK N 10 Medan. Dengan dipasangkan lebel halal agar publik yakin dari sisi kehalalanya. "Beberapa bulan kedepan itu yang kita usahakan. Kita benahi dari dalam kalau siap dari dalam bisalah kita go publik,"ucapnya.

Untuk prestasi siswanya, sambung Julpiner, siswa jurusan Kuliner meraih juara 2 tingkat provinsi. Dan pada tanggal 18 Agustus ini satu orang siswanya dari jurusan Kuliner akan mengikuti Lomba Kerja Siswa (LKS) tingkat Nasional ke Lampung.

Untuk itu Julpiner berharap kedepannya ke 4 jurusan di SMKN 10 Medan menjadi pusat keunggulan, karena semua jurusan sudah memiliki fasilitas yang sangat baik. Jangan jurusan kuliner saja yang menjadi jurusan favorit. 

"Kalau jurusan kecantikan, kita bekerjasama dengen beberapa industri salon di kota Medan. Begitu juga dengan jurusan desain bekerjasama dengan butik-butik,"jelasnya. (ver)

Komentar Anda

Terkini