Wali Kota dr Susanti Serahkan KIA Kepada 840 Anak

Senin, 22 Juli 2024 / 19.20

Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada 840 anak. Penyerahan KIA diadakan di UPTD SMP Negeri 2, Jalan Radjamin Purba Pematangsiantar, Senin (22/7/2024) pagi. (ft-kominfo pematangsiantar)

SIANTAR, KLIKMETRO.COM - Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA memenuhi hak anak-anak dengan menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada 840 anak. Penyerahan KIA diadakan di UPTD SMP Negeri 2, Jalan Radjamin Purba Pematangsiantar, Senin (22/7/2024) pagi.

Penyerahan KIA tersebut sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016, yakni penerbitan KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak. Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk.

Dalam arahan dan bimbingannya, mengingatkan anak-anak untuk menjaga fisik. Salah satunya sarapan pagi sebelum berangkat sekolah.

dr Susanti mengenang, putra bungsunya merupakan alumni SMPN 2 Pematangsiantar. Sehingga ia mengetahui kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 2 dominan dengan seni, seperti seni musik dan seni tari.

Terkait KIA, dr Susanti mengatakan KIA diberikan kepada anak-anak di bawah usia 17 tahun. Seperti halnya bagi Kartu Tanda Penduduk (KTP), kata dr Susanti, KIA dibawa dan disimpan dengan baik di dalam tas. Jangan sampai hilang. KIA bisa digunakan untuk mendapat diskon di sejumlah tempat, seperti kolam renang, restoran, dan lainnya. 

"Kita akan buka kerja sama dengan Taman Hewan agar pemegang KIA bisa mendapat diskon," sebut dr Susanti.

Lebih lanjut dr Susanti mengatakan, anak-anak bisa menggapai cita-cita dengan rajin belajar, berdoa, berusaha, dan memiliki fisik yang sehat.

dr Susanti juga menyampaikan saat ini Wifi gratis sudah ada di 30 titik di Kota Pematangsiantar. Di antaranya di Lapangan Adam Malik, Lapangan Merdeka (Taman Bunga), Taman Beo, rumah ibadah, dan panti asuhan.

Ke depannya, kata dr Susanti, akan diupayakan pemasangan Wifi di kawasan SMPN 2 Pematangsiantar. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Pematangsiantar SM Ulinasari Girsang SM dalam laporannya menyampaikan penyerahan KIA tersebut sekaligus memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2024. 

Diterangkan Ulinasari, ada 840 KIA yang diserahkan di SMPN 2 Pematangsiantar. 

Selain kepada siswa-siswi SMPN 2 Pematangsiantar, KIA juga dibagikan kepada siswa-siswi sekolah lainnya, seperti siswa MTsN Pematangsiantar.

Selanjutnya, dr Susanti bersama Ulinasari dan Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Hamdani Lubis SH menyerahkan KIA kepada siswa-siswi secara simbolis.

Turut hadir, para kepala sekolah yang siswanya menerima KIA, serta Camat Sianțar Sitalasari Syahrul Ramadhan Pane. (mar)

Komentar Anda

Terkini