Disdukcapil Deli Serdang Teken MoU Bersama Dinkes dan UPT Puskesmas Sepakati Pengurusan KIA, Akta Kelahiran dan Akta Kematian

Minggu, 21 Juli 2024 / 21.59

Kepala Dinas Dukcapil Deli Serdang Misran Sialoho menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Dinkes DS dan UPT Puskesmas se - Deli Serdang. (ft-ist)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Deli Serdang membuat kesepakatan Kerja sama atau MoU dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dan seluruh UPT Puskesmas se-Deli Serdang, Kamis (18/7/2024) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang.

Adapun kesepakatan kerja sama ini terkait pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran bagi bayi yang baru lahir.
"Secara otomatis jumlah keluarganya jelas bertambah dan kartu keluarganya harus dirombak dan diperbarui. Begitu juga dengan akta kematian sehingga jumlah di Kartu Keluarga (KK) pastilah berkurang dan harus diganti," kata Kepala Dinas Dukcapil Misran Sialoho dalam sambutannya dihadapan peserta rapat yang hadir yaitu Pegawai Dinas Kesehatan serta Para UPT Puskesmas se kabupaten Deli Serdang.

Misran menambahkan agar para Kepala Puskesmas, bidan desa, Posyandu bisa memberikan masukan atau edukasi untuk membantu masyarakat agar lebih mudah mengurus akta lahir, KIA dan akta kematian saat adanya persalinan ibu melahirkan atau pasien yang meninggal dunia Ketika ditangani oleh petugas medis.

Selanjutnya Kadis Kesehatan Deli Serdang yang diwakili oleh Sekdis mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Disdukcapil yang telah membuat kesepakatan dan kerja sama ini untuk tujuan membantu masyarakat Kabupaten Deli Serdang.
"Kita apresiasi Kerjasama ini yang bertujuan agar masyarakat bisa tetap sehat dan lebih mudah dalam kepengurusan data diri maupun identitas. Kami dari seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan UPT Puskesmas yang berjumlah 34 UPT siap menjalankan kerjasama ini agar dapat terealisasi dengan baik dan lancar," demikian disampaikan sekdis.

Adapun nama nama dari 34 UPT Puskesmas yang ada di Kabuten Deli Serdang  yang ikut menanda tangani Kerjasama ini adalah :
1. UPT Puskesmas Lubuk Pakam
2. UPT Puskesmas Pagar Jati
3. UPT Puskesmas Araskabu
4. UPT Puskesmas Karang Anyer
5. UPT Puskesmas Pagar Merbau
6. UPT Puskesmas Tanjung Morawa
7. UPT Puskesmas Dalu Sepuluh
8. UPT Puskesmas Batang Kuis
9. UPT Puskesmas Pantai Labu
10. UPT Puskesmas Galang
11. UPT Puskesmas Petumbukan
12. UPT Puskesmas Patumbak
13. UPT Puskesmas Bangun Purba
14. UPT Puskesmas Delitua
15. UPT Puskesmas Labuhan Deli
16. UPT Puskesmas Pematang Johar
17. UPT Puskesmas Bandar Khalifah
18. UPT Puskesmas Kenangan
19. UPT Puskesmas Tanjung Rejo
20. UPT Puskesmas Talun Kenas
21. UPT Puskesmas Namorambe
22. UPT Puskesmas Biru-biru
23. UPT Puskesmas Pancur Batu
24. UPT Puskesmas Gunung Tinggi
25. UPT Puskesmas Muliorejo
26. UPT Puskesmas Sei Mencirim
27. UPT Puskesmas Sei Semayang
28. UPT Puskesmas Hamparan Perak
29. UPT Puskesmas Kota Datar
30. UPT Puskesmas Tiga Juhar
31. UPT Puskesmas Kutalimbaru
32. UPT Puskesmas Sibolangit
33. UPT Puskesmas Bandar Baru
34. UPT Puskesmas Gunung Meriah. (lbs)
Komentar Anda

Terkini